Blogger Widgets
Minggu, 05 Januari 2014

Hasil Belajar

Hasil Belajar

Setiap kegiatan belajar tentu memerlukan evaluasi untuk memperoleh suatu hasil belajar setelah terjadinya proses belajar. Dalam proses belajar dan mengajar terjadi interaksi antara guru dan siswa. Interaksi guru dan siswa sebagai makna utama proses pembelajaran memegang peranan penting untuk mencapai tujuan pembelajaran yang efektif. Tujuan pembelajaran dikatakan berhasil secara sempurna apabila hasil belajar menunjukkan lebih dari angka standar penilain di sekolah tertentu. Menurut Sudjana (dalam Dewi, 2012) hasil proses belajar dapat ditunjukkan dalam berbagai bentuk seperti perkembangan pengetahuannya, pemahamannya, sikap dan tingkah lakunya, keterampilannya, kecakapan dan kemampuannya, daya reaksinya, daya penerimaannya, dan lain-lain aspek yang ada pada individu. Selain itu, Sanjaya (dalam Widiantari) mengemukakan bahwa hasil belajar adalah kemampuan, sikap, dan ketrampilan yang diperoleh siswa setelah siswa tersebut menerima perlakuan yang diberikan oleh guru sehingga dapat mengkontruksikan pengetahuan itu dalam kehidupan sehari-hari. Berdasarkan pendapat di atas, dapat dinyatakan bahwa hasil belajar adalah kemampuan, sikap, dan ketrampilan yang dimiliki siswa sebagai akibat dari suatu proses belajar yang diperoleh dalam waktu tertentu.

Ciri-ciri Hasil Belajar
Dimyati dan Moedjiono (dalam Windhari, 2013) membagi ciri-ciri hasil belajar ada tiga yaitu: “(1) hasil belajar memiliki kepastian berupa pengetahuan, kebiasaan, keterampilan, sikap atau cita-cita, (2) adanya perubahan mental dan perubahan jasmani, (3) memiliki dampak pengajaran dan dampak pengiring”. Menurut Agung (2005:76) “ciri-ciri hasil belajar melibatkan perolehan kemampuan-kemampuan yang dibawa sejak lahir. Belajar bergantung kepada pengalaman, sebagian dari pengalaman itu merupakan umpan balik dari lingkungan, memperoleh kecakapan baru dan membawa perbaikan pada ranah kognitif, afektif, psikomotirik”. Berdasarkan pendapat tersebut dapat disimpulkan ciri-ciri hasil belajar yaitu, adanya perubahan pada ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik pada suatu proses pembelajaran.


Title: Hasil Belajar; Written by Unknown; Rating: 5 dari 5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar