Blogger Widgets
Minggu, 05 Januari 2014

Hubungan Antara Pendidikan (Sekolah) Dengan Masyarakat

      Hubungan Antara Pendidikan (Sekolah) Dengan Masyarakat

Hubungan antara pendidikan (Sekolah) dengan Masyarakat seperti yang diungkapkan oleh Bernays dalam Suryansyah (dalam Eddy 2010:36) adalah:
a.     Information given to the public (memberi informasi secara jelas dan lengkap kepada masyaraka). Misalnya adanya penemuan JBS (Jam Belajar Masyarakat) yaitu saatnya masyarakat memberikan kesempatan kepada anak-anak sekolah untuk belajar di rumah agar tidak mendapat gangguan. Pada saat anak belajar orang tua murid tidak diperkenankan menghidupkan antara lain, televisi, radio, tape recorder.  Hal ini dilakukan pada jam-jam tertentu yang telah disepakati bersama antara anak, orang tua, serta masyarakat pada umumnya.
b.   Persuasion directed at the public, to modify attitude and action (melakukan persuasi kepada masyarakat dalam rangka merubah sikap dan tindakan yang perlu mereka lakukan terhadap sekolah). Sebagai contoh anggapan dari sebagian orang tua siswa apabila telah menyekolahkan anaknya maka pengawasan belajar menjadi tanggung jawab guru sepenuhnya. Padahal kenyataannya anak belajar di sekolah waktunya terbatas, di rumah anak juga perlu mendapatkan pengawasan belajar dari pihak orang tua. Hal ini menjadi topik penyesuaian antara sekolah dengan orang tua murid atau wali murid.
c.       Effort to integrated attitudes and action of institution with its public and of public with the institution (suatu upaya untuk menyatakan sikap dan tindakan yang dilakukan oleh sekolah dengan sikap dan tindakan yang dilakukan oleh masyarakat secara timbal balik, yaitu dari sekolah ke masyarakat dan dari masyarakat ke sekolah). Contohnya dengan adanya komite sekolah. Dengan lembaga komite sekolah, maka antara sekolah dan masyarakat dapat menjalin suatu kerja sama secara timbal balik antara sekolah dan masyarakat, sekolah membantu masyarakat, sebaliknya masyarakat berusaha membantu sekolah.
Pendapat diatas memberikan gambaran pada kita apa sebenarnya hubungan sekolah dan masyarakat. Hal yang penting bahwa adanya informasi yang diberikan kepada masyarakat yang dampaknya dapat merubah sikap dan tindakan masyarakat terhadap pendidikan serta masyarakat memberkan sesuatu untuk perbaikan pendidikan.

Dari pengertian tersebut dapat diambil maknanya apabila ada hubungan yang baik antara pendidikan (sekolah) dengan masyarakat maka dapat memberikan pengaruh posistif baik dari pihak pendidikan (sekolah) maupun dari pihak masyarakat. Secara sederhana paling tidak dapat terbina saling pengertian dan akibat berikutnya (dampak pengiring) terjadinya saling menunjang program, keinginan mewujudkan misi dan visi masing-masing.
Title: Hubungan Antara Pendidikan (Sekolah) Dengan Masyarakat; Written by Unknown; Rating: 5 dari 5

2 komentar:

  1. nice job and thank you for information

    http://aquaticessence.com/umpan-ikan-mas-babon-air-hujan/

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus