Blogger Widgets
Minggu, 05 Januari 2014

Keaktifan Belajar

Keaktifan Belajar

Keaktifan belajar dapat dilihat dari aktivitas belajar siswa. Aktivitas belajar yang dimaksud adalah seluruh aktivitas siswa dalam proses belajar, mulai dari kegiatan fisik sampai kegiatan psikis. Dalam hal kegiatan belajar, segala pengetahuan yang ingin dimiliki oleh siswa harus diperoleh dengan pengamatan sendiri, penyelidikan sendiri, dengan bekerja sendiri baik secara rohani maupun teknis sehingga pengetahuan tersebut menjadi lebih bermakna. Tanpa ada aktivitas dalam pembelajran baik di dalam maupun di luar kelas, maka proses belajar tidak mungkin terjadi.
Dimyati, dkk (dalam Wardhiana,2012) menyatakan bahwa keaktifan belajar siswa adalah bentuk-bentuk kegiatan yag muncul dalam suatu kegiatan fisik proses belajar mengajar baik kegiatan fisik maupun kegiatan psikis meliputi hasil eksperimen, membandingkan suatu konsep dengan konsep lainnya. Dalam kegiatan pembelajaran siswa dituntut untuk selalu aktif secara fisik, intelektual, dan emosional.
Menurut Rusyan (dalam wardhiana,2012) “keaktifan adalah proses perubahan tingah laku dalam arti seluas-luasnya, meliputi pengamatan, keterampilan, perasaan, minat, penghargaan sikap. Belajar tidak berarti hanya yang berkaitan dengan intelektual saja, melainkan mengenai seluruh aspek keperibadian.

Berdasarkan paparan di atas, bahwa keaktifan belajar adalah bentuk segala kegiatan yang dilakukan siswa dalam proses pembelajaran, baik fisik maupun mental, dan baik kegiatan yang mudah maupun yang sulit diamati sedangkan yang diharapkan adalah adanya keterlibatan siswa secara langsung di dalam proses pembelajaran.
Title: Keaktifan Belajar; Written by Unknown; Rating: 5 dari 5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar