Blogger Widgets
Minggu, 05 Januari 2014

Kemandirian Belajar

Kemandirian Belajar

Kemandirian belajar dapat diartikan sebagai sifat, sikap serta kemampuan yang dimiliki siswa untuk melakukan  kegiatan belajar secara sendirian maupun dengan bantuan orang lain. Menurut Zaini (2012) kemandirian belajar adalah kemampuan seseorang siswa dalam mewujudkan kehendak atau keinginannya secara nyata tanpa bergantung dengan orang lain, dalam hal ini siswa mampu melakukan belajar sendiri, dapat menetukan belajar yang efektif , dan mampu melakukan aktifitas belajar secara mandiri. Peran kemauan untuk mandiri sangat penting di dalam memulai dan memelihara usaha siswa. Di dalam belajar mandiri, kendali secara berangsur-angsur bergeser dari para guru ke siswa. Siswa mempunyai banyak kebebasan untuk memutuskan pelajaran apa dan tujuan apa yang hendak dicapai dan bermanfaat baginya (Nursiti, 2012).
Menurut Thoha (dalam Zaini, 2012), ada beberapa ciri–ciri dari kemandirian belajar, yaitu mampu berfikir secara kritis,kreative dan inovatif, tidak mudah terpengaruh oleh pendapat orang lain, tidak lari atau menghindari masalah, memecahkan masalah dengan berfikir secara mendalam, apabila menjumpai masalah dipecahkan sendiri tanpa meminta bantuan orang lain, tidak merasa  rendah diri apabila berbeda dengan orang lain, berusaha bekerja dengan penuh ketekunan dan kedisiplinan dan bertanggung jawab atas tindakannya. Sedangkan menurut Aprilia (2013) beberapa ciri kemandirian belajar adalah mampu berpikir secara kritis, kreatif dan inovatif, dapat menemukan identitas dirinya, memiliki inisiatif dalam setiap langkahnya, membuat pertimbangan-pertimbangan dalam tindakannya,   bertanggung jawab atas tindakannya, dapat mencukupi kebutuhan-kebutuhanya sendiri dan tidak merasa rendah diri apabila harus berbeda dengan orang lain
Menurut Hasan Basri (dalam Nursiti, 2012) kemandirian belajar siswa dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu faktor yang terdapat di dalam dirinya sendiri (factor endogen) dan faktor-faktor yang terdapat di luar dirinya (faktor eksogen).
a.       Faktor endogen (internal)
Faktor endogen (internal) adalah semua pengaruh yang bersumber dari dalam dirinya sendiri, seperti keadaan keturunan dan konstitusi tubuhnya sejak dilahirkan dengan segala perlengkapan yang melekat padanya. Segala sesuatu yang dibawa sejak lahir adalah merupakan bekal dasar bagi pertumbuhan dan perkembangan individu selanjutnya. Bermacam-macam sifat dasar dari ayah dan ibu mungkin akan didapatkan didalam diri seseorang, seperti bakat, potensi intelektual dan potensi pertumbuhan tubuhnya
b.      Faktor eksogen (eksternal)
Faktor eksogen (eksternal) adalah semua keadaan atau pengaruh yang berasal dari luar dirinya, sering pula dinamakan dengan faktor lingkungan. Lingkungan kehidupan yang dihadapi individu sangat mempengaruhi perkembangan kepribadian seseorang, baik dalam segi negatif maupun positif. Lingkungan keluarga dan masyarakat yang baik terutama dalam bidang nilai dan kebiasaan-kebiasaan hidup akan membentuk kepribadian, termasuk pula dalam hal kemandiriannya.

Faktor-faktor yang mempengaruhi kemandirian sangat menentukan sekali tercapainya kemandirian seseorang, begitu pula dengan kemandirian belajar siswa dipengaruhi oleh faktor dari dalam (internal) diri siswa itu sendiri, maupun yang berasal dari luar (eksternal) yaitu lingkungan keluarga, sekolah, lingkungan sosial ekonomi dan lingkungan masyarakat. Untuk mencapai kemandiri belajar dalam meningkatkan hasil belajar siswa, selain dari faktor internal maupu eksternal, juga perlu didorong melalui pembentukan pengetahuan dan berfikir yang menyatakan bahwa individu yang belajar itu menyadari semua langkah yang dikerjakannya, dan ia merefleksi atau memonitor serta mengevaluasi sendiri terhadap langkah-langkah yang dikerjakannya, melalui pertanyaan-pertanyaan kepada dirinya sendiri. Melalui proses pembentukan kognitif tersebut, dapat menumbuhkan keyakinan pada dirinya bahwa yang dikerjakannya benar atau masih perlu diperbaiki. 
Title: Kemandirian Belajar; Written by Unknown; Rating: 5 dari 5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar