Model
Pembelajaran Kooperatif Tipe Group
Investigation (GI)
Pengertian
Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group
Investigation (GI)
Model pembelajaran kooperatif GI
merupakan metode pembelajaran dengan siswa belajar secara kelompok, kelompok
belajar terbentuk berdasarkan topik yang dipilih siswa. Pendekatan ini
memerlukan norma dan struktur yang lebih rumit daripada pendekatan yang lebih
berpusat pada guru. Dalam pembelajaran koo[eratif GI siswa dibagi menjadi
beberapa kelompok dengan anggota 2-6 orang siswa yang heterogen. Kelompok
memilih topik untuk diselidiki dan melakukan penyelidikan yang mendalam atas
topic yang dipilih, selanjutnya menyiapkan dan mempresentasikan laporan di
depan kelas.
Investigasi kelompok merupakan model
pembelajaran kooperatif yang paling kompleks dan paling sulit untuk diterapkan (Trianto,
2012). Model ini dikembangkan pertama kali oleh Thelan. Dalam perkembangannya
model ini diperluas dan dipertajam oleh Sharan dari Universitas Tel Aviv.
Berbeda dengan STAD dan jigsaw, siswa terlibat dalam perencanaan baik topic
yang dipelajari dan bagaimana jalannya penyelidikan mereka. Pembelajaran ini
memerlukan norma dan struktur kelas yang lebih rumit daripada pendekatan yang
lebih berpusat pada guru. Pendekatan ini juga memerlukan mengajar siswa
keterampilan komunikasi dan proses kelompok yang baik.
Dalam
implementasi tipe investigasi kelompok guru membagi kelas menjadi kelompok-kelompok
dengan anggota-anggota 5-6 siswa yang heterogen. Kelompok disini dapat dibentuk
dengan mempertimbangkan keakraban persahabatan atau minat yang sama dalam topic tertentu. Selanjutnya siswa
memilih topik untuk diselidiki dan melakukan penyelidikan yang mendalam atas
topic yang dipilih. Selanjtnya ia menyiapkan dan mempresentasikan laporannya
kepada seluruh kelas.
Tujuan Pembelajaran
Kooperatif Tipe Group Investigation (GI)
Menurut Asma (dalam Devi, 2013)
pengembangan pembelajaran kooperatif bertujuan:
1) Pencapaian hasil
belajar. para ahli berpendapat bahwa strategi ini unggulan dalam membantu siswa
dalam memahami konsep-konsep yang sulit.
2)Penerimaan
terhadap keragaman. efek penting dalam pembelajaran kooperatif adalah
terbentuknya sikap menerima perbedaan ras, agama, budaya, kelas sosial, dan
kemampun dan perbedaan yang lainnya.
3) Pengembangan
keterampilan sosial. Pempelajaran kooperatif dapat mengajarkan keterampilan
kerjasama dan kolaborasi.
Keunggulan
Pembelajaran Kooperatif Tipe Group
Investigation (GI)
Menurut Rusman (dalam devi, 2013) keunggulan model pembelajaran
kooperatif tipe GI sebagai berikut.
1)
Dapat dipakai untuk
tanggung jawab dan kreatifitas siswa, baik secara perorangan maupun individu.
2)
Memebantu terjadinya
pembagian tanggung jawab ketika siswa mengikuti pembelajaran dan berorientasi
menuju pembentukan manusia sosial.
3)
Memberikan kesempatan
berkolaborasi dengan teman sebaya dalam bentuk diskusi kelompok untuk
memecahkan suatu masalah.
4)
Serta mengaktifkan
siswa dalam proses pembelajaran yang diberikan guru sehingga dapat membangun
pengetahuan siswa.
d.
Langkah-langkah
Pelaksanaan Model Group
Investigation (GI)
Menurut Slavin (dalam
Vierwinto, 2012) membagi
langkah-langkah pelaksanaan model investigasi kelompok meliputi 6 (enam)
tahapan.
1) Mengidentifikasikan topik dan membuat kelompok
a) Para siswa meneliti beberapa sumber,
mengusulkan sejumlah topik, dan mengkategorikan saran-saran.
b) Para siswa bergabung dengan
kelompoknya untuk mempelajari topik yang telah mereka pilih.
c)Komposisi kelompok didasarkan pada
ketertarikan siswa dan harus bersifat heterogen.
d) Guru membantu dalam pengumpulan
informasi dan memfasilitasi pengaturan.
2) Merencanakan tugas yang akan dipelajari
a) Para siswa merencanakan tugas yang
akan dipelajari (apa yang dipelajari?, bagaimana mempelajarinya?, siapa
melakukan apa?, untuk tujuan atau kepentingan apa menginvestigasi topik
tersebut?)
3) Melaksanakan investigasi
a) Para siswa mengumpulkan informasi,
menganalisis data, dan membuat kesimpulan.
b) Tiap anggota kelompok berkontribusi
untuk usaha-usaha yang dilakukan kelompoknya.
c) Para siswa saling bertukar, berdiskusi,
mengklarifikasi, dan mensintesis semua gagasan.
4) Menyiapkan laporan akhir
a) Anggota kelompok menentukan
pesan-pesan esensial dari proyek mereka.
b) Anggota kelompok merencanakan apa
yang akan mereka laporkan, dan bagaimana mereka akan membuat presentasi.
c) Wakil-wakil kelompok membentuk sebuah
panitia acara untuk mengkoordinasikan rencana-rencana presentasi.
5) Mempresentasikan laporan akhir
a) Presentasi yang dibuat untuk seluruh
kelas dalam berbagai macam bentuk.
b) Bagian presentasi tersebut harus
dapat melibatkan pendengarnya secara aktif.
c) Para pendengar tersebut mengevaluasi
kejelasn dan penampilan presentasu berdasarkan kriteria yang telah ditentukan
sebelumnya oleh seluruh anggota kelas.
6) Evaluasi
a) Para siswa saling memberikan umpan
balik menganai topik tersebut, mengenai tugas yang telah mereka kerjakan,
mengenai keefektifan pengalaman-pengalaman mereka.
b) Guru dan muris berkolaborasi dalam
mengevaluasi pembelajaran siswa.
c) Penilaian atas pembelajaran harus
mengevaluasi pemikiran paling
Tabel 01. Rancangan Sintaks Model GI di Kelas
Fase
|
Kegiatan Guru
|
Kegiatan Siswa
|
Mempusatkan
perhatian siswa.
|
a) Memotivasi siswa
(memfokuskan perhatian siswa) dengan cara Tanya jawab berkaitan dengan materi
dalam kehidupan sehari-hari.
b) Menyampaikan tujuan
pembelajaran
|
Menjawab
pertanyaan guru dan memfokuskan pikiran pada satu pokok materi/bahasan yang
ingin di bahas hari ini.
|
Mengidentifikasi
topic dan membagi siswa ke dalam kelompok
|
a) Guru memberikan kesempatan
bagi siswa untuk memberikan kontribusi apa yang akan mereka selidiki
b) Kelompok dibentuk
berdasarkan heterogenitas
|
a) Memberikan masukkan
terhadap topik yang akan diteliti dan diinvestigasi sesuai materi yang akan
dipelajari
b) Membentuk kelompok
|
Merencanakan
tugas
|
Mempersiapkan
dan menata sumber belajar sebagai sarana siswa berfantasi agar dapat
berinvestigasi secara optimal
|
Kelompok
akan membagi subtopk kepada seluruh
anggota. Kemudian membuat perencanaan dari masalah yang akan diteliti
bagaimana proses dan sumber apa yang akan dipakai
|
Membuat
penyelidikan
|
Memfasilitasi,
membimbing serta mengawasi siswa yang sedang berfantasi dan berinvestigasi
agar setiap kelompok dpaat bekerja optimal
|
Siswa
berfantasi mengumpulkan, menganalisi dan mengevaluasi informasi membuat
kesimpulan dan mengaplikasikan bagian mereka ke dalam pengetahuan baru dalam
mencapai sebuah masalah kelompok
|
Mempresentasikan
tugas akhir
|
a) Memberikan reinforcement pada kelompok yang
penampilannya baik dan memberikan motivais pada kelompok yang kurang baik
b) Memberikan penegasan
terhadap masing-masing bahasan dari setiap kelompok
|
Siswa
memprentasikan hasil kerjanya. Kelompok lain memberikan tanggapan
|
Evaluasi pembelajaran
|
a) Membantu siswa melakukan
refleksi terhadap pembelajaran yang telah
dipelajari yang telah dipelajat sekali
b) Bersama siswa menyimpulkan
pembelajaran
c) Mengevaluasi pembelajaran
yang telah dilakukan dengan menggunaka tes hasil belajar
|
a) Menyimpulkan materi
pembelajaran yang telah dipelajari
b) Menjawab teori yang
diberikan guru titik
|
(diadaptasi Trianto, 2011)
Makasih infonya.....
BalasHapusdapusnya gak ada ya ka ????????????????
BalasHapusMakasih bnyk kakak, sangat membantu saya dalam menyelesaikan tugas
BalasHapusmakasih kakak
BalasHapusmakasih kakak
BalasHapusMakasih ya.
BalasHapusBagus untuk refererensi pembelajaran.
BalasHapustrimakasih
Makasih yaa
BalasHapusBagus sebagai referensi bagi yang menggunakan model pembelajaran GI, thanks ya
BalasHapus